Senin, 19 November 2012

Sejarah Jurnalistik

     Sejarah jurnalistik adalah berasal dari bahasa perancis, jounal yang berarti catatan harian. dalam bahasa latin juga ada kata yang hampir sama bunyi dan ucapannya dengan journal yakni di urna yang mengandung kata hari ini.
    
      kata istik merujuk pada istilah estetika yang berarti ilmu pengetahuan tentang keindahan. keindahan yang dimaksud adalah mewujudkan berbagai produk seni dan atau keterampilan dengan menggunakan bahan - bahan yang diperlukan seperti kayu , batu , kertas , cat , atau suara. meliputi semua macam bangunan , kesusastraan , bermusik.

    jadi jurnalistik dapat diartikan sebagai suatu karya seni dalam hal membuat catatan tentang peristiwa atau kejadian sehari - hari.

  tipikal organisasi jurnalistik adalah sebagai berikut :

    •   Reporter / Fotografer  : mengumpulkan bahan tulisan dari wawancara , riset perpustakaan , investigasi. seorang koordinator reportase dibutuhkan untuk memimpin sejumlah reporter.
  • Redaktur / Penanggungjawab Rubrik : menuliskan berita dari bahan - bahan yang dikumpulkan reporter , mempunyai perspektif , redaktur foto : memilih foto yang layak diturunkan.
  • Redaktur Pelaksana : bertanggung jawab atas turunnya naskah , mengkaji tulisan redaktur , memutuskan mana yang layak atau tak layak diturunkan.
  • Pemimpin Redaksi : bertanggung jawab atas semua kegiatan jurnalistik tersebut. 
    Berbagai macam jurnalistik :

  • Koran : menekankan dirinya pada berita - berita mutakhir ( kemarin , tadi malam )
  • Radio : menekankan berita lebih mutakhir lagi ( tadi pagi , siang , sore , malam maupun pada jam - jam tertentu )
  • Majalah : menekankan berita secara lebih mendaolan disertai analisis dan background yang lebih luas.






Nurin felicita uba
15610173
3SA03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar