Jumat, 04 Januari 2013

Mie Ayam



 


Di musim penghujan seperti sekarang ini,memang paling enak makan yang hangat-hangat. Sayangnya, saat hujan di sore hari banyak penjual makanan yang tidak jualan. Nah, tak ada salahnya untuk membuat makanan ala jajanan gerobak seperti mi ayam yang gurih ini di rumah. Ternyata tak sulit kok membuatnya. Selain itu, mi buatan sendiri juga dijamin sehat.

 Bahan:
Mi
1000 gram tepung terigu protein tinggi
10 gram garam
6-10 gram garam alkali
250 gram tepung tapioka
380 gram air

Minyak ayam:
1000 ml minyak sayur
250 gr kulit atau lemak ayam
10 siung bawang putih,memarkan
1 ruas jahe, memarkan
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt ketumbar, haluskan

 Kaldu:
200 ml air
3 lembar daun bawang, iris
2lembar daun seledri, iris
Tulang ayam, cuci dan memarkan

Tumis ayam:
250 gram daging ayam
2 ruas jahe
10 sdm minyak sayur
1 sdt lada bubuk
1 sdt vetsin
5 sdm kecap asin
1/2 sdt garam
5 sdm kecap manis
3 siung bawang putih
1 gelas air

Pelengkap:
Sawi putih
toge panjang
Pangsit

Cara membuat:1.
1. Mie: Larutkan garam dapur dan garam alkali dengan air, aduk sampai rata. Kemudian di tempat terpisah, campur semua bahan kering dan tambahkan larutan garam sedikit demi sedikit sambil dikocok. Aduk sampai adonan berbutir-butir. Masukkan adonan dalam alat penipis dan giling sampai ketebalan yang diinginkan. Setelah tipis, potong adonan sampai berbentuk untaian mi. Taburi dengan tepung tapioka agar tak lengket.
2. Minyak ayam: Panaskan minyak ayam, kemudian goreng kulit dan lemak ayam. Masak sampai minyak ayam keluar dan kulit menjadi kering. Setelah agak kering, masukkan bawang putih dan bahan-bahan lainnya ke dalam gorengan kulit. Masak sekitar 15 menit dengan api kecil. Angkat kulitnya, dan sisihkan minyaknya.

 3. Kaldu: Masukkan semua bahan ke dalam panci. Rebus semua bahan ini dengan api sedang minimal dua jam. Setelah matang, saring kaldu.
4. Tumis ayam: Cincang daging ayam sampai agak halus.Kemudian tumis jahe, bawang putih dan daun bawang sampai kecoklatan. Masukkan daging ayam, lada, penyedap,garam,kecap manis, kecap asin ke dalam tumisan. Masukkan air dan masak sampai bumbu meresap dan daging empuk.
5. Penyajian: Di dalam mangkuk, beri kecap asin, vetsin, lada, dan minyak ayam secukupnya. Kemudian masukkan mie yang sudah direbus bersama sawi dan toge. Aduk rata. Siramkan kuah kaldu, dan tambahkan tumisan ayam dan pangsit di atasnya.

comment : jadi enak na makan mie AYAM buatan sndri ataupun beli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar